Rabu, 16 November 2011

PENGHARGAAN BAGI KETUA LINGKUNGAN/WILAYAH

Pendukung Komunitas Basis Keuskupan Bandung

Dewan Pastoral Keuskupan Bandung memulai safari Konferensi Ketua Wilayah/Lingkungan se Keuskupan Bandung ini dari Wilayah Palem Suci ( Pandu, Lembang, Sukajadi, Cimahi). Dan yang menjadi tuan rumah pada acara yang diadakan pada hari Rabu, libur Nasional (29/6) tersebut adalah Paroki Pandu.

Acara di pagi hari yang dihadiri oleh seluruh ketua wilayah dan ketua lingkungan( kurang lebih 178 peserta) di wilayah Palem Suci ini, diawali dengan ibadat pagi yang kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu mars Komunitas Basis.
“Konferensi ini bukanlah semua seminar atau ceramah, tetapi merupakan sebuah ajang bagi kita untuk bekerja bersama-sama, saling berbicara, serta bertukar fikiran”, ujar Vikjend Romo Wirasmohadi Suryo, Pr dalam sambutannya mewakili Administrator Apostolik Keuskupan Bandung, Mgr Ignatius Suharyo yang berhalangan hadir. Kemudian ia menambahkan pula bahwa, pertemuan ini diadakan sebagai bentuk penghargaan bagi seluruh ketua wilayah dan ketua lingkungan, sebagai gembala kelompok terkecil dari Dewan Keuskupan. Sambutan berikutnya adalah dari Pastor T. Warhadi, OSC yang mewakili Pandu dan Bapak Rukiyat dari Dewan Keuskupan Bandung.

Seperti kita ketahui, tema pastoral Keuskupan Bandung 2011 adalah Komunitas Basis. Untuk lebih menghayati tema pastoral ini, Dewan Keuskupan Bandung telah mengundang Romo Dr. Andang Binawan, SJ untuk membekali para pengurus wilayah/lingkungan.
“Lingkungan diharapkan dapat menjadi sebuah komunitas basis yang bukan hanya sekedar satu persekutuan doa.” sampai Romo Andang. ” Untuk itu sebuah pola kepemimpinan yang partisipatif di lingkungan ikut memainkan peran penting dalam mendukung Komunitas Basis yang dicanangkan ini” tambah Dokor Filsafat ini menjelaskan. Lebih jauh ia menandaskan bahwa, kepemimpinan yang partisipatif itu laksana menggiring air dengan cinta, yang mengibaratkan paroki dengan lingkungannya adalah sebuah struktur paguyuban umat beriman sebagai tubuh mistik Kristus..

“ Dari fata fakta yang ada di kota besar, tak dipungkiri bahwa keterikatan emosional umat pada paroki tertorial cenderung menurun, yang mengakibatkan umat sulit diajak terlibat baik dalam kegiatan maupun kepengurusan lingkungan”, ujar Romo Andang yang menjadi pengajar di STF Driyarkara. Selain itu ia memaparkan bahwa agama semakin tersingkir seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mengantisipasinya, pengurus lingkungan diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas dalam mengolah kegiatan di lingkungannya agar menjadi sebuah kebutuhan umat. Dengan demikian partisipasi umat bisa digugah melalui kebutuhan tersebut. Dalam hal ini fungsi teknologi bisa dimanfaatkan sebagai media penyebar informasi.

“Seperti seorang gembala yang mengenal baik domba-dombanya, demikian juga halnya dengan seorang pengurus lingkungan wajib memiliki kepekaan serta pengatahuan akan data data umatnya” pesan Romo Andang. “Dengan demikian gaya berpastoral yang berbasis data akan menjadi kenyataan” tambahnya kemudian.

Sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Bapak Endang (Ketua Komisi Kateketik Keuskupan Bandung) mendapat respons baik dari hadirin yang memenuhi Aula atas Pandu itu. Acara yang dihadiri Pastor Yulius, OSC (St. Laurentius), Pst Widyasuhardjo, OSC ( St Ignatius- Cimahi) ini tak terasa bergulir hingga pkl.13.00.
Rangkaian acara selanjutnya adalah pembagian sertifikat penghargaan yang ditanda tangani oleh Uskup Agung KAJ, Mgr Ignatius Suharyo, selaku Administrator Apostolik Keuskupan Bandung kepada masing-masing ketua lingkungan yang diterima oleh masing-masing pastor paroki. Acara sepanjang pagi hingga siang hari itu dipandu oleh MC, Ibu Endah Sulistyawati yang menyemarakkan acara dengan selingan berbagai kuis, games plus hadiah menarik lainnya. Peserta merasa segar terus hingga akhir acara yang ditutup dengan sesi foto bersama serta ramah tamah dengan seluruh partisipan yang hadir.

sumber : http://abrapusparani.blogspot.com
============================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah komentar...