Jumat, 22 April 2011

TRI HARI SUCI II

Perayaan Jum'at Agung merupakan hari kedua dari Tri Hari Suci. Ibadat ini langsung dipimpin oleh Pastor Johannes Alamsyah, OSC. Ibadat dimulai pukul 15.00 WIB. Ibadat ini dihadiri seribuan umat, gereja penuh sehingga sebagian umat beribadat di luar gereja. Pihak gereja juga menyediakan beberapa tenda untuk keperluan itu, demukian juga media tv untuk siaran langsung dari dalam gereja



Mencium kaki Yesus merupakan suatu ritual dalam ibadah ini. Tampak pastor tengah mendupai patung-patung Yesus. Patung-patung ini hanya ditempatkan di dalam gereja saja.



 Misdinar ini bertugas untuk menjaga patung Yesus yang nantinya akan disembah cium oleh umat.




Paduan suara yang ikut menyemarakkan suasana perayaan Jum'at Agung kali ini. Lihatlah, si dirigen, Agustina Sinaga tengah memimpim paduan suara tersebut





Antrian panjang untuk komuni berjejer diluar gereja. Beberapa konggregasi suster-suster ikut ambil bagian dalam perayaan Jum'at Agung 2011 ini.

Pasangan suami istri tengah khusuk berdoa sesudah komuni. Tempat berdoa boleh di mana saja, yang lebih penting adalah konsentrasi dalam doa. Di bawah pohon juga merupakan salah satunya. Tapi lihatlah di ujung sana, seorang bapak tengah berdoa juga.

Di tempat lain, ibu ini berdoa menghadap dinding gereja.


Keramaian seringkali menimbulkan kekacauan, untuk itulah gereja menempatkan petugas keamanan dari umat dan juga dari aparat kepolisian. Tampak koordinator keamanan, bapak U. Banjarnahor, dari lingkungan St. Yohannes Pembabtis, ditemani oleh rekan-rekannya. Sementara itu, seorang petugas dari kepolisian juga ada di sana. Sepertinya, Briptu Norman Kamaru, eh ternyata, bukan.


Semoga tahun depan kita masih diberikan Tuhan umur panjang untuk ikut merayakan Jum'at Agung 2011.
Semoga.

============================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah komentar...

Ada kesalahan di dalam gadget ini