Jumat, 22 April 2011

TRI HARI SUCI I

Kamis Putih merupakan hari pertama dari Tri Hari Suci yang tahun ini jatuh pada tanggal 21 April 2011. Misa dimulai pukul 19.00 WIB yang dipimpin oleh Pastor Donatus Manalu, OSC. Dalam kotbahnya, pastor mengingatkan bahwa semua umat manusia berstrata sama di hadapan Allah. Tradisi Kamis Putih yang menjadi kekhususan ibadat ini adalah pen-cuci-an kaki para utusan umat. Utusan umat yang berjumlah 12 orang itu, dicuci basuh dengan sungguh-sungguh selama selang waktu setengah jam. Dalam gambar tampak pastor sedang mencuci basuh kaki bapak M. Sinurat - Ketua Lingkungan St. Anna, sebagai perwakilan terakhir.


Misa malam ini dihadiri seribuan umat yang mengungkapkan animo besar terhadap perayaan ini. Untuk menjaga kenyamanan, pihak gereja juga menyediakan beberapa tv (siaran langsung) bagi umat yang berada di luar gereja. Ketika komuni, 9 orang suster diperbantukan untuk melayani umat. Kedua suster ini melayani umat yang berada di luar gereja.

Misa berakhir sekitar pukul 21.00 WIB. Seusai ibadat ini, akan dilakukan ibadat tuguran di aula gereja lama secara bergantian antar lingkungan.

============================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah komentar...